• SliderDede1

Pemilihan Niche atau Topik Blog

Pemilihan niche atau topik blogKetika kita ingin membuat sebuah blog, proses paling awal yang perlu kita lakukan adalah proses pemilihan niche atau topik blog itu sendiri. Jika kita tidak melalui proses pemilihan topik secara baik dan benar ketika akan membuat sebuah blog, maka blog kita tersebut nantinya akan memiliki topik yang tidak spesifik dan terkesan kurang konsisten. Pemilihan niche atau topik yang tidak tepat dapat berpengaruh negatif pada konten atau isi blog itu sendiri dan pada SEO blog yang bersangkutan.

Proses pemilihan niche blog yang tepat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Sebaliknya memilih topik utama dari sebuah blog yang akan kita buat dan kelola cukup mudah karna kitalah yang memiliki motivasi untuk membuat blog dan mengelolanya untuk berbagai macam tujuan. Contoh topik yang tepat bagi sebuah blog antara lain: Bisnis, Kesehatan, Pendidikan, Teknologi, Hiburan dan lain sebagainya.

Ketika kita memilih sebuah topik misalnya Bisnis, maka untuk menjaga konsistensi konten atau isi blog kita, sudah wajib bagi kita untuk mengisi blog kita sebagian besar dengan artikel mengenai bisnis saja bukan artikel mengenai topik lain. Dari hal ini tampak jelas bahwa fungsi dari niche atau topik adalah untuk membantu blogger atau pengelola blog agar tidak bingung ketika akan mengisi blognya sekaligus menjaga blog tetap konsisten atau memiliki topik yang jelas.

Namun pertanyaannya adalah, kenapa kita harus menjaga agar blog kita tetap konsisten atau memiliki topik yang jelas? Hal ini dikarenakan blog yang memiliki topik yang konsisten, jelas dan spesifik akan lebih memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka inginkan. Unsur inilah yang juga dijadikan patokan oleh mesin mesin pencari di internet seperti google, bahwa mesin pencari memiliki fungsi untuk membantu penggunanya menemukan informasi yang sesuai dengan mudah dan bukan sebaliknya.

Setelah kita mengetahui alasan utama mengapa kita harus memilih topik yang jelas bagi blog yang kita buat, maka sebaiknya kita segera memulainya. Pemilihan topik sebenarnya bergantung pada tujuan kita membuat blog dan bidang apa yang kita kuasai atau sukai. Akan sangat sulit untuk mengelola blog dengan topik yang kurang kita sukai atau pahami. Nah apabila kita memang menyukai topik dan cukup paham dengan apa yang kita bahas dalam blog tersebut, tentunya itu akan sangat mempermudah kita dalam mengelola dan menjaga agar blog kita tetap konsisten. Itu juga sangat menentukan performa blog kita, sekaligus kita merasakan kegiatan blogging akan semakin menyenangkan.

Tetapi lain halnya jika kita bertujuan membuat blog pribadi seperti blog DedeWiweka.com ini. Saya membuat blog ini untuk sarana berbagi dan berinteraksi lebih intens dengan teman teman saya di dunia maya, meskipun demikian dalam blog inipun saya masih sering membicarakan dan mengulas hal hal yang cukup saya sukai dan saya kuasai seperti Twitter dan Bisnis Online. Saya rasa cukup sekian dulu ulasan saya tentang Pemilihan Niche atau Topik Blog ini. Semoga kita bisa lebih merasa senang dan tidak tertekan dalam kegiatan menjadi blogger. Salam Blogger!

Pemilihan Niche atau Topik Blog

Comments

  1. danishgpones says:

    blog info yang sangat nice….enak di baca bro..

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini :

%d bloggers like this: