• dagang-online
  • iklan-fb
  • social-injection
  • infopreneur

Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO

Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEOSebelum mulai mengulas bagaimana Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO, mari kita pahami dulu apa itu Link atau anchor text. Link atau anchor text adalah text yang akan muncul sebagai hyperlink, dan mungkin adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam hal penggunaan keyword. Kita pasti sudah sering melihat anchor text ini sebelumnya. Bahkan, anchor text telah menjadi unsur utama dari halaman web, yang seringkali di gunakan tanpa tahu efeknya terhadap rangking. Anchor text sudah sering di bahas, tapi mengetahui cara penggunaannya adalah hal yang vital, karena elemen ini sangat berpengaruh terhadap rangking. Saat search engine melihat halaman web Kita, maka secara otomatis search engine akan menelusuri semua link yang ada di halaman web tersebut.

Jika link tersebut (atau sebagian besar) berbasis text, maka itu akan lebih baik, sebab search engine bukan cuma akan menelusurinya, tapi juga melihat keyword yang ada di dalamnya. Akan tetapi, membuat semua link berbasis text saja tidak cukup, butuh seni tersendiri untuk mengambil semua manfaat dari anchor text.

Hal pertama yang harus Kita mengerti adalah bahwa anchor text itu terbagi dalam dua jenis, yaitu milik Kita dan milik orang lain. Ini serius, bukan lelucon. Sangat penting bagi Kita untuk memahami bagaimana cara melink ke website orang lain. Tapi bukan cuma itu, Kita juga harus memahami cara mereka melink balik pada Kita. Sebagai contoh, jika Kita melakuan search di Google untuk kata ‘‘click,’’ Kita akan melihat bahwa website Adobe hampir berada di possisi teratas dari hasil pencarian tersebut. Ini bukan di sebabkan karena website Adobe banyak menyertakan keyword “click.”

Apa yang sebenarnya terjadi adalah karena banyak orang yang melink Adobe PDF reader dengan menggunakan kata ‘‘click’’ dalam anchor text nya. Ini bisa di mengerti karena website yang menawarkan file PDF yang bisa di download biasanya menyertakan link yang bertuliskan ‘‘Click here to download’ atau yang sejenis. Seperti yang Kita lihat, bukan cuma anchor text Kita yang berpengaruh, tapi juga bagaimana website Kita akan di sertakan dalam anchor text dari website lain. Kita akan membahas soal bagaimana orang lain akan melink Kita ini nanti. Untuk saat ini, pikirkan bagaimana cara Kita menggunakan anchor text di dalam website.

Seperti yang sudah kita ketahui, anchor text adalah text yang saling berhubungan pada wabsite Kita. Text ini bisa di hubungkan ke website Kita sendiri maupun ke website lain yang contentnya relevan dengan content website Kita. Itulah yang menjadi sebab utama mengapa anchor text begitu powerful, yaitu tingkat relevansi dari link dan kata yang digunakan untuk membuat link. Saat search engine menjelahi website Kita, Dia akan melihat beberapa faktor, antara lain:

  • Topik dari website yang di indikasikan oleh kata-kata yang di gunakan dalam text.
  • Link yang mengarah ke luar website.
  • Link dari luar yang mengarah ke website Kita.

Tentu, bukan cuma faktor-faktor ini yang akan di amati, tapi faktor-faktor inilah yang paling berpengaruh terhadap rangking. Sebab, bagaimana elemen-elemen ini di handle akan menentukan seberapa user-friendly (dan autentik) website Kita. Karena itulah, jika website Kita bertujuan untuk melayani para pebisnis, maka website Kita mungkin akan menyertakan artikel dan informasi tentang jenis bisnis, strategi bisnis, dan melink ke website di mana pengunjung akan bergabung dalam suatu bisnis dengan Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO.

Saat crawler mengamati website, Dia akan melihat apakah topik dari website Kita tersebut adalah tentang bisnis (yang akan di tentukan oleh keyword yang Kita gunakan di dalam text). Kemudian Dia akan menelusuri semua link yang ada di website. Jika link-link berbasis text tersebut menyertakan keyword dan mengarah ke website yang relevan, maka crawler akan memberi skore yang tinggi. Hasilnya adalah Kita akan muncul lebih tinggi di SERP, dibanding jika Kita tidak menyertakan keyword yang relevan di dalam text dan link.

Akan tetapi, Kita harus berhati-hati saat Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO. Jika menggunakan kata-kata yang salah, maka mungkin Kita tidak akan pernah mendapatkan hasil yang di harapkan dari link tersebut. Salah satu kesalahan yang sering di lakukan oleh pemilik website adalah membuat halaman web dengan anchor text ‘‘klik di sini.’’ Kata tersebut bukan cuma terlalu sering di gunakan dan di abaikan oleh crawler, tapi juga tidak ada cara untuk menghubungkannya dengan content dari website. Saat crawler mengamati anchor text tersebut, Dia tidak melihat keyword yang relevan, meski jika link tersebut mengarah ke website yang relevan.

Anggaplah anchor text sebagai peluang untuk menunjukkan hubungan Kita dengan website yang relevan. Cara yang terbaik adalah menggunakan keyword sebanyak mungkin, yang di ambil dari daftar keyword yang telah Kita buat selama proses perencanaan. Kembali ke contoh website bisnis di atas, jika Kita menggunakan sebuah anchor text menggunakan kata “model bisnis” dan melink ke website yang berhubungan dengan masing-masing model bisnis, maka search engine akan melihat keyword dan link yang mengarah ke website dari bisnis tertentu tersebut.

Karena itulah, atas usaha membuat sepotong kecil anchor text, Kita bukan cuma mempunyai alasan kuat untuk menggunakan keyword, tapi juga mempunyai link untuk mengarahkan ke website yang relevan. Jika Kita ingin menambahkan anchor text untuk Model Bisnis ke halaman web Kita, maka tambahkan sepotong kode HTML seperti contoh berikut ini, di setiap tempat di mana Kita ingin anchor text tersebut muncul:

 <a href=””http://www.modelbisnis.com””>Model Bisnis</a>

Satu lagi strategi untuk anchor text yang harus dipertimbangkan adalah memvariasikan anchor text. Saat Kita mengulangi anchor text yang sama berulangkali pada satu halaman web, maka anchor text tersebut akan mulai berkurang efektivitasnya. Bahkan bisa menyebabkan search engine memberi rangking yang rendah.  Akan lebih efektif jika menggunakan keyword yang bervariasi sebagai anchor text. Ini memberi Kita peluang untuk memvariasikan anchor text, sekaligus mempertahankan konsistensi dari keyword yang di gunakan.Jenis lain dari anchor text adalah yang di gunakan oleh orang lain untuk melink balik website Kita. Anchor text ini seringkali tidak di anggap sebagai sebuah strategi SEO. Padahal ini adalah salah satu jenis optimalisasi yang paling efektif yang bisa Kita gunakan. Berikut ini contohnya:

Salah seorang pakar internet marketing memutuskan untuk melihat seberapa cepat dia bisa membuat website nya mendapat rangking yang tinggi di SERP. Dia menggunakan anchor text link pada halaman webnya, kemudian memohon link balik menggunakan keyword yang menjadi target, dan relevan dengan website nya. Hasilnya? Dalam beberapa hari, website nya telah berada di posisi 4 di Google SERP.

Ada dua hal yang harus di ingat dari contoh ini. Yang pertama adalah pemilik website meminta link balik. Link balik atau backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke halaman Kita, sebagai balasan atas link yang Kita berikan pada mereka. Link balik yang paling efektif adalah yang berasal dari website yang relevan dengan website Kita, tapi seringkali Kita harus mencarinya sendiri. Selain itu, agar mendapat semua keutamaan yang ada pada link balik, Kita juga perlu memastikan website Kita akan di link dengan cara yang Kita inginkan. Dari pada mendapat link balik yang mengarah ke halaman utama dari website Kita, akan lebih efektif jika memberikan kode anchor text yang Kita inginkan pada website yang akan melink balik.

Hal kedua yang harus diperhatikan dari contoh di atas adalah, Kita harus memastikan bahwa link balik tersebut harus menyertakan keyword yang menjadi target, yaitu keyword yang paling efektif untuk website Kita. Keyword yang paling sering di gunakan dalam pencarian dan sangat relevan dengan website Kita, adalah keyword yang seharusnya Kita gunakan dalam anchor text. Sebab, fungsi utama dari anchor text adalah untuk mengoptimalkan website agar di rangking tinggi oleh search engine, sehingga dapat memberikan trafik bagi website Kita. Tapi seberapa sering anchor text seharusnya di gunakan pada sebuah halaman web? Itu adalah salah satu angka ajaib, tidak ada orang yang benar-benar tahu secara pasti. Lain orang akan berkata lain.

Sebagian mengatakan tidak lebih dari 2 atau 3 kali, sedangkan yang lain berpendapat jangan kurang dari 10 sampai 12 kali. Sebagai aturan dasar, gunakan anchor text sebanyak yang Kita bisa. Jika Kita mempunyai link yang bisa di sertakan, jangan melewatkannya hanya karena Kita telah menggunakan anchor text beberapa kali di halaman. Tapi jangan sampai memenuhi content dengan anchor text hanya karena ingin mempunyai link. Untuk menentukan mana anchor text yang essensial dan mana tidak, itu tergantung dari masing-masing orang. Akan tetapi, jika Kita menggunakan program penganalisa yang bagus, yang bisa melacak link pada halaman web Kita, seharusnya Kita bisa menentukan anchor text mana yang paling efektif dan bagaimana cara menggunakannya pada halaman yang mempengaruhi aliran trafik.

Anchor text adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rangking. Tapi seperti yang sudah sering Kita dengar, halaman web seharusnya di buat dengan tujuan utama adalah untuk user. Satu hal lagi yang harus di ingat mengenai anchor text sebelum kita melanjutkan. Salah satu cara yang paling efektif untuk menggunakan anchor text adalah menempatkannya di dalam content dinamis.Content dinamis adalah content yang selalu berubah. Seringkali, itu berarti blog. Anchor text sangat cocok untuk blog yang di update perhari atau perminggu. Ini adalah content yang fresh (yang mana juga akan memberi nilai plus untuk meningkatkan rangking di search engine) yang memberi Kita peluang untuk mengubah anchor text secara teratur.

Crawler search engine juga bisa bosan. Jika Kita bisa memberikan mereka content yang dinamis dan mengandung anchor text yang relevan, maka crawler akan membantu Kita. OK, cukup sekian dulu kita bahas tentang bagaimana Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO dan semoga bermanfaat.

Memanfaatkan Link atau Anchor Text untuk SEO

Comments

  1. Saya pelajari dulu ya mas. Terimakasih atas informasinya.

  2. sip nih, buat seo..

  3. Thanks sob atas infonya.

  4. membaca artikel ini semakin bertambah deh wawasanku.. makasih banyak ya.. :razz:

  5. mkasi ya…

  6. Benar-benar mantap penjelasannya. Sekarang saya jadi faham apa itu anchor text

  7. Terima kasih gan atas tips seo nya,nanti akan saya coba…semoga berhasil.

  8. tambah banyak lagi nih wawasan saya sekarang. Saya juga lagi belajar SEO. Makasi lho sharing infonya :D

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini :

Mungkin anda juga menyukai artikel iniclose
%d blogger menyukai ini: